CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN INDIVIDU KULIAH KERJA NYATA (KKN)




LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN INDIVIDU
KULIAH KERJA NYATA
(KKN)

POSKO
 KAMPUS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
KECAMATAN PAMONA PUSELEMBA



NAMA:   Cheril Sawirano Lampu
NIRM:   031100209
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDY PEMBANGUNAN


UNIVERSITAS KRISTEN TENTENA
TAHUN 2015

HALAMAN PENGESAHAN

Dengan telah selesainya kegiatan Kuliah kerja nyata yang kami kerjakan, maka:


NO.
NAMA MAHASISWA
NOMOR INDUK REGISTRASI MAHASISWA
TANDA TANGAN

1.

CHERYL SAWIRANO LAMPUH

031100209



Telah menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan kegiatan individu selama di lokasi KKN.










        Mengetahui                                                                                                                           Mengetahui
       Ketua Panitia                                                                                                     Dosen pembimbang Lapangan


      …………………………                                                                                                   ………………………………………




KATA PENGANTAR


    Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Berkat dan Penyertaan-Nyalah senhingga Kuliah Kerja Nyatan (KKN) Angkatan ke-5 Universitas Kristen Tentena tahun 2015 boleh terleksana dengan baik. Kami menyusun laporan ini sebagai hasil akhir dari rangkaian Kuliah kerja Nyata (KKN) Angkatan ke-5 Universitas Kristen Tentena tahun 2015 di posko Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan  (FKIP), Kecamatan Pamona Puselemba.

    Dalam pelaksanaan ini kami telah banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak, yang telah memberikan dukungan baik secara moril maupun materil demi kelancaran Dan kesuksesan pelaksanan program KKN.

    Olehnya dengan penuh kerendahan dan ketulusan hatimkami mengucapkan banyak  terima kasih kepada:
1.       Ibu.Pdt.Dra.Lies sigilipu Saino, M.Si,selaku Rektor Universitas Kristen Tentena.
2.       Panitia Pelaksana KKN.
3.       Ibu……………………..,selaku Dosen Pembimbing Lapangan
4.       Dewan Dosen Dan semua Staf Universitas Kristen Tentena.
5.       Seluruh mahasiswa Universitas Kristen Tentena
6.       Dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu atas segala bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih.








                                                                                                  Tentena,31 maret 2015

                                                                                                 …………………………………….
                                                                                                    CHERYL SAWIRANO LAMPUH


DAFTAR ISI































BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat ( KKN ) merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Pengabdian merupakan suatu wujud kristalisasi dan integralisasi dari ilmu yang tertuang secara teoritis di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dan dikembangkan dalam kehidupan masyarakat luas.
 KKN bagi mahasiswa diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman belajar yang baru untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran  hidup bermasyarakat. Bagi masyarakat, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi dan inovasi dalam bidang sosial kemasyarakatan. Hal ini selaras dengan fungsi perguruan tinggi sebagai jembatan ( komunikasi ) dalam proses pembangunan dan penerapan IPTEK pada khususnya.
Tujuan utama dari Kuliah Kerja Nyata adalah memacu pembangunan masyarakat dengan menumbuhkan motivasi kekuatan sendiri, mempersiapkan kader-kader pembangunan (stock holder) serta sebagai agen perubah (agen of change). Tujuan utama lainnya adalah agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatannya dalam masyarakat, dan secara langsung dapat menemukan, mengidentifikasi, merumuskan, serta memecahkan permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat secara interdisipliner, komphrehensif, dan lintas sektoral.  Berdasarkan  hal diatas, Kuliah Kerja Nyata UNKRIT 2015 sebagai bentuk aplikasi keilmuan yang dimiliki mahasiswa terhadap masyarakat dalam mengembangkan kompetensinya, diharapkan sudah selayaknya siap untuk menghadapi tantangan yang sedang berkembang pada era globalisasai seperti sekarang  ini.
Kuliah Kerja Nyata mempunyai empat kelompok sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat, pemerintah daerah, dan  perguruan tinggi. Bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata mempunyai sasaran untuk membina mahasiswa agar menjadi motivator dan inovator. Sasaran bagi masyarakat dan Pemda adalah untuk memperoleh bantuan pemikiran, tenaga, serta IPTEK dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. Sasaran bagi perguruan tinggi adalah untuk memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa dalam masyarakat, sehingga kurikulum perguruan tinggi dapat disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang diwakili oleh PEMDA yang terkait.
Universitas Kristen Tentena atau yang disingkat UNKRIT adalah salah satu Universitas yang berdiri di kabupaten poso, kecamatan pamona puselemba, kelurahan pamona yang merupakan sasaran atau lokasi KKN 2015. UNKRIT adalah satu-satunya Universitas yang berdiri di kecamatan. Adapun potensi yang dimiliki oleh UNKRITadalah UNKRIT terdiri dari empat fakultas yang di dalamnya ada delapan jurusan, Fakultas Ekonomi dengan jurusan Study Pembangunan Pedesaan dan Manajeman, Fakultas Ilmu Sosial Politik dengan jurusan Sosial Pembangunan Pedesaan, Fakultas Keguruan dan Ilmi pendidikan dengan jurusan Matematika, Biologi, Bahasa Ingris &Pendidikan Anak Usia Dini.
Karena UNKRIT adalah Universitas yang masih baru berdiri dan masi dalam tahap pembangunan maka masih banyak yang perlu dibenahi secara fisik maupun secara nonfisik. Hal-hal yang perlu dibenahi dalam bentuk fisik adalah dalam bidang sarana dan prasarana penunjang untuk meningkatkan kenyamanan, kualitas dan mutu pendidikan di UNKRIT. Dan yang perlu di benahi dalam bentuk nonfisik adalah di bidang administrasi salah satunya untuk UKM yang merupakan salah satu faktor pendukung untuk kemajuan Universitas.


B.Tujuan Dan Manfaat
1.   Tujuan
Tujuan dari pelaksanaan KKN ini adalah:
1.       Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa pada Universitasnya sendiri dan pada masyarakat sebagai perwujutan dari Tri Darma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat.
2.       Menanamkan nilai kepribadian mahasiswa agar berjiwa mandiri dan memiliki rasa solidaritas tinggi.
3.       Meningkatkan kualitas mahasisiwa UNKRIT melalui pembanguan sarana dan sarana penunjang.
       2.  Manfaat
Pada dasarnya kegiatan KKN  diarahkan kepada 3 sasaran, yaitu:
a.    Mahasiswa
1.Memperdalam Pengertian, penghayatan, dan pengalaman mahasiswa tentang:
·         Kemampuan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa pada sesama
·         Kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan konteks masalah pembangunan pengembangan daerah
2.Mendewasakan alam pikiran mahasiswa dalam setiap penelaahan dan pemecahan masalah
3.Membentuk sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap           kemajuan masyarakat
4.Memberikan ketrampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan program-program peengembangan             dan pembangunan.
b.   Bagi Masyarakat dan Pemerintah
1.       Memperoleh bantuan tenaga dan pikiran dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. 
2.       Cara berpikir, bersikap dan bertindak dari masyarakat akan lebih sesuai dengan pembagunan.
3.       Terbentuknya kader-kader penerus pembangunan di masyarakat sehingga terjamin kelangsungan pembangunan bangsa dan negara
c.    Perguruan Tinggi
1.       Perguruan tinggi lebih terarah dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa,. Dengan demikian, kurikulum perguruan tinggi akan dapat disesuaikan dengan tuntutan pembangunan. Tenaga pengajar memperoleh berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh dalam proses pendidikan
2.       Perguruan tinggi dapat menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah atau department lainnya dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan IPTEK
3.       Perguruan tinggi dapat mengembangkan IPTEK yang lebih bermanfaat dalam pengelolaan dan penyelesaian berbagai masalah pembangunan di UNKRIT.
C.Ruang lingkup
Dalam pelaksanaan program KKN ini wilayah yang menjadi sasaran program kami adalah di wilaya Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan dan seputaran wilaya Rektorat UNKRIT
BAB II
GAMBARAN

 Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) adalah salah satu fakultas di UNKRIT yang memiliki jumlah mahasiswa paling banyak diantara fakultas yang ada.  Fakultas ini terdiri dari empat jurusan dan memiliki  delapan ruangan perkuliahanyang dilengkapi dengan papan tulis (white board) dantempat duduk untuk mahasiswa dan satu kantor yang di dalamnya terdapat tujuh ruangan dulunya merupakan kantor Fakultas yang saat ini di alifungsikan sebagai sekertariat UKM dan ruangan untuk dosen yang mengajar di fakultas itu. Adapun fasilitas penunjang yang ada di FKIP adalah tiga buah dego-dego dan satu toilet di dalam kantor dan dua toilet lainnya di bagian belakang fakultas. Untuk kondisi alam di fakultas ini pada saat ini sudah cukup baik karena terdapat beberapa pohon yang membuat udaranya tetap sejuk. Untuk kebersihan jga sudah cukup baik karena daifakultas ini dilengkapidengan dua buah tempat sampah.



BAB III
PROGRAM DAN PELAKSANAAN KKN

A.Program Kerja KKN
B.Pelaksanaan Program
C.Hasil Kegiatan
D.Faktor Pendorong
E.Kendala Yang Dihadapi
F.Alternatif Pemecahan Permasalahan
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A.KESIMPULAN
B.Saran / Rekomendasi


Komentar

Postingan Populer