CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN INDIVIDU KULIAH KERJA NYATA (KKN)
LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN INDIVIDU
KULIAH
KERJA NYATA
(KKN)
POSKO
KAMPUS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(FKIP)
NAMA: Cheril Sawirano Lampu
NIRM: 031100209
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDY PEMBANGUNAN
UNIVERSITAS
KRISTEN TENTENA
TAHUN
2015
HALAMAN PENGESAHAN
Dengan telah
selesainya kegiatan Kuliah kerja nyata yang kami kerjakan, maka:
NO.
|
NAMA MAHASISWA
|
NOMOR INDUK
REGISTRASI MAHASISWA
|
TANDA TANGAN
|
1.
|
CHERYL SAWIRANO
LAMPUH
|
031100209
|
Telah menyelesaikan
laporan hasil pelaksanaan kegiatan individu selama di lokasi KKN.
Mengetahui
Mengetahui
Ketua Panitia
Dosen pembimbang Lapangan
…………………………
………………………………………
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
atas Berkat dan Penyertaan-Nyalah senhingga Kuliah Kerja Nyatan (KKN) Angkatan
ke-5 Universitas Kristen Tentena tahun 2015 boleh terleksana dengan baik. Kami
menyusun laporan ini sebagai hasil akhir dari rangkaian Kuliah kerja Nyata
(KKN) Angkatan ke-5 Universitas Kristen Tentena tahun 2015 di posko Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP),
Kecamatan Pamona Puselemba.
Dalam pelaksanaan ini kami telah banyak
mendapat dukungan dari berbagai pihak, yang telah memberikan dukungan baik
secara moril maupun materil demi kelancaran Dan kesuksesan pelaksanan program
KKN.
Olehnya dengan penuh kerendahan dan
ketulusan hatimkami mengucapkan banyak
terima kasih kepada:
1.
Ibu.Pdt.Dra.Lies sigilipu Saino, M.Si,selaku Rektor Universitas
Kristen Tentena.
2.
Panitia Pelaksana KKN.
3.
Ibu……………………..,selaku Dosen Pembimbing Lapangan
4.
Dewan Dosen Dan semua Staf Universitas Kristen Tentena.
5.
Seluruh mahasiswa Universitas Kristen Tentena
6.
Dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu atas
segala bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih.
Tentena,31 maret 2015
CHERYL SAWIRANO LAMPUH
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Kuliah Kerja Nyata
Program Pengabdian Masyarakat ( KKN ) merupakan salah satu perwujudan dari Tri
Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Pengabdian merupakan suatu
wujud kristalisasi dan integralisasi dari ilmu yang tertuang secara teoritis di
bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari di
masyarakat, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dan dikembangkan
dalam kehidupan masyarakat luas.
KKN bagi mahasiswa diharapkan dapat menjadi
suatu pengalaman belajar yang baru untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan
kesadaran hidup bermasyarakat. Bagi
masyarakat, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi dan
inovasi dalam bidang sosial kemasyarakatan. Hal ini selaras dengan fungsi
perguruan tinggi sebagai jembatan ( komunikasi ) dalam proses pembangunan dan
penerapan IPTEK pada khususnya.
Tujuan utama dari
Kuliah Kerja Nyata adalah memacu pembangunan masyarakat dengan menumbuhkan
motivasi kekuatan sendiri, mempersiapkan kader-kader pembangunan (stock holder)
serta sebagai agen perubah (agen of change). Tujuan utama lainnya adalah agar
mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatannya
dalam masyarakat, dan secara langsung dapat menemukan, mengidentifikasi,
merumuskan, serta memecahkan permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat secara
interdisipliner, komphrehensif, dan lintas sektoral. Berdasarkan
hal diatas, Kuliah Kerja Nyata UNKRIT 2015 sebagai bentuk aplikasi
keilmuan yang dimiliki mahasiswa terhadap masyarakat dalam mengembangkan
kompetensinya, diharapkan sudah selayaknya siap untuk menghadapi tantangan yang
sedang berkembang pada era globalisasai seperti sekarang ini.
Kuliah Kerja Nyata
mempunyai empat kelompok sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat, pemerintah
daerah, dan perguruan tinggi. Bagi
mahasiswa Kuliah Kerja Nyata mempunyai sasaran untuk membina mahasiswa agar
menjadi motivator dan inovator. Sasaran bagi masyarakat dan Pemda adalah untuk memperoleh
bantuan pemikiran, tenaga, serta IPTEK dalam merencanakan dan melaksanakan
pembangunan. Sasaran bagi perguruan tinggi adalah untuk memperoleh umpan balik
sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa dalam masyarakat, sehingga kurikulum
perguruan tinggi dapat disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang diwakili oleh
PEMDA yang terkait.
Universitas Kristen
Tentena atau yang disingkat UNKRIT adalah salah satu Universitas yang berdiri
di kabupaten poso, kecamatan pamona puselemba, kelurahan pamona yang merupakan
sasaran atau lokasi KKN 2015. UNKRIT adalah satu-satunya Universitas yang
berdiri di kecamatan. Adapun potensi yang dimiliki oleh UNKRITadalah UNKRIT
terdiri dari empat fakultas yang di dalamnya ada delapan jurusan, Fakultas
Ekonomi dengan jurusan Study Pembangunan Pedesaan dan Manajeman, Fakultas Ilmu
Sosial Politik dengan jurusan Sosial Pembangunan Pedesaan, Fakultas Keguruan
dan Ilmi pendidikan dengan jurusan Matematika, Biologi, Bahasa Ingris
&Pendidikan Anak Usia Dini.
Karena UNKRIT
adalah Universitas yang masih baru berdiri dan masi dalam tahap pembangunan
maka masih banyak yang perlu dibenahi secara fisik maupun secara nonfisik.
Hal-hal yang perlu dibenahi dalam bentuk fisik adalah dalam bidang sarana dan
prasarana penunjang untuk meningkatkan kenyamanan, kualitas dan mutu pendidikan
di UNKRIT. Dan yang perlu di benahi dalam bentuk nonfisik adalah di bidang administrasi
salah satunya untuk UKM yang merupakan salah satu faktor pendukung untuk
kemajuan Universitas.
B.Tujuan Dan
Manfaat
1. Tujuan
Tujuan dari
pelaksanaan KKN ini adalah:
1. Meningkatkan empati
dan kepedulian mahasiswa pada Universitasnya sendiri dan pada masyarakat
sebagai perwujutan dari Tri Darma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada
masyarakat.
2. Menanamkan nilai
kepribadian mahasiswa agar berjiwa mandiri dan memiliki rasa solidaritas tinggi.
3. Meningkatkan kualitas
mahasisiwa UNKRIT melalui pembanguan sarana dan sarana penunjang.
2. Manfaat
Pada dasarnya
kegiatan KKN diarahkan kepada 3 sasaran,
yaitu:
a. Mahasiswa
1.Memperdalam Pengertian, penghayatan, dan
pengalaman mahasiswa tentang:
·
Kemampuan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa pada sesama
·
Kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan
konteks masalah pembangunan pengembangan daerah
2.Mendewasakan alam pikiran mahasiswa dalam
setiap penelaahan dan pemecahan masalah
3.Membentuk
sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat
4.Memberikan
ketrampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan program-program peengembangan dan pembangunan.
b. Bagi Masyarakat dan
Pemerintah
1. Memperoleh bantuan
tenaga dan pikiran dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan.
2. Cara berpikir,
bersikap dan bertindak dari masyarakat akan lebih sesuai dengan pembagunan.
3. Terbentuknya
kader-kader penerus pembangunan di masyarakat sehingga terjamin kelangsungan
pembangunan bangsa dan negara
c. Perguruan Tinggi
1. Perguruan tinggi
lebih terarah dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa,.
Dengan demikian, kurikulum perguruan tinggi akan dapat disesuaikan dengan
tuntutan pembangunan. Tenaga pengajar memperoleh berbagai kasus yang dapat
digunakan sebagai contoh dalam proses pendidikan
2. Perguruan tinggi
dapat menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah atau department lainnya
dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan IPTEK
3. Perguruan tinggi
dapat mengembangkan IPTEK yang lebih bermanfaat dalam pengelolaan dan
penyelesaian berbagai masalah pembangunan di UNKRIT.
C.Ruang lingkup
Dalam pelaksanaan program KKN ini wilayah yang
menjadi sasaran program kami adalah di wilaya Fakultas keguruan dan Ilmu
Pendidikan dan seputaran wilaya Rektorat UNKRIT
BAB II
GAMBARAN
Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP)
adalah salah satu fakultas di UNKRIT yang memiliki jumlah mahasiswa paling
banyak diantara fakultas yang ada.
Fakultas ini terdiri dari empat jurusan dan memiliki delapan ruangan perkuliahanyang dilengkapi
dengan papan tulis (white board) dantempat duduk untuk mahasiswa dan satu
kantor yang di dalamnya terdapat tujuh ruangan dulunya merupakan kantor
Fakultas yang saat ini di alifungsikan sebagai sekertariat UKM dan ruangan
untuk dosen yang mengajar di fakultas itu. Adapun fasilitas penunjang yang ada
di FKIP adalah tiga buah dego-dego dan satu toilet di dalam kantor dan dua
toilet lainnya di bagian belakang fakultas. Untuk kondisi alam di fakultas ini
pada saat ini sudah cukup baik karena terdapat beberapa pohon yang membuat
udaranya tetap sejuk. Untuk kebersihan jga sudah cukup baik karena daifakultas
ini dilengkapidengan dua buah tempat sampah.
BAB III
PROGRAM DAN PELAKSANAAN KKN
A.Program Kerja KKN
B.Pelaksanaan
Program
C.Hasil Kegiatan
D.Faktor Pendorong
E.Kendala Yang
Dihadapi
F.Alternatif
Pemecahan Permasalahan
BAB IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.KESIMPULAN
B.Saran /
Rekomendasi
Komentar
Posting Komentar