Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah
Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah
A. Pendahuluan
Anak usia pra sekolah adalah anak yang berusia antara 3-6 tahun (wong,2000),anak usia pra sekolah memiliki karekteristik tersendiri dalam segi pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam hal pertumbuhan, secara fisik anak pada tahun ke tiga terjadi penambahan BB 1,8 s/d 2,7 kg dan rata-rata BB 14,6 kg.Penambahan TB berkisar antara 7,5 cm dan TB rata-rata 95 cm.
Kecapatan pertumbuhan pada tahun keempat hampir sama dengan tahun sebelumnya. BB mencapai 16,7 kg dan TB 103 cm sehingga TB sudah mencapai dua kali lipat dari TB saat lahir
Anak usia pra sekolah adalah anak yang berusia antara 3-6 tahun (wong,2000),anak usia pra sekolah memiliki karekteristik tersendiri dalam segi pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam hal pertumbuhan, secara fisik anak pada tahun ke tiga terjadi penambahan BB 1,8 s/d 2,7 kg dan rata-rata BB 14,6 kg.Penambahan TB berkisar antara 7,5 cm dan TB rata-rata 95 cm.
Kecapatan pertumbuhan pada tahun keempat hampir sama dengan tahun sebelumnya. BB mencapai 16,7 kg dan TB 103 cm sehingga TB sudah mencapai dua kali lipat dari TB saat lahir
B. Pengertian Perkembangan
Perkembangan (development) adalah bertambanya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan.
Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita.pada masa ini perkembangan kemampuan berbahasa,kreativitas,kesadaran sosial,kesadaran emosional dan inteligensia berjalan sangat cepat.
Perkembangan (development) adalah bertambanya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan.
Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita.pada masa ini perkembangan kemampuan berbahasa,kreativitas,kesadaran sosial,kesadaran emosional dan inteligensia berjalan sangat cepat.
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan:
1. Faktor Intrinsik
2. Faktor Ekstrinsik
3. Faktor Pendukung
1. Faktor Intrinsik
2. Faktor Ekstrinsik
3. Faktor Pendukung
Fase Perkembangan Pada Masa Usia Pra Sekolah:
1. Masa Vital
pada masa ini individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya
2. Masa Estetik
Pada masa ini dianggap sebagai masa perkembangan rasa keindahan
1. Masa Vital
pada masa ini individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya
2. Masa Estetik
Pada masa ini dianggap sebagai masa perkembangan rasa keindahan
Tuagas Perkembangan Pada Masa Usia Pra Sekolah
Havighurrtst (1961) mengartikan tugas perkembangan adalah merupakan suatu tugas yangt muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu.
Tugas-tugas perkembangan pada usia 0-6 tahun adalah sebagai berikut:
1.Belajar berlalan
2.Belajar memakan makanan padat
3.Belajar berbicara
4.Belajar buang air kecil dan buang air besar
5.Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin
6.Mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis
7.Membentuk konsep-konsep sederhana kenyataan sosial dan alam
8.Belajar mengadakan hubungan emosional
9.Belajar mengadakan hubungan baaik dan buruk
Havighurrtst (1961) mengartikan tugas perkembangan adalah merupakan suatu tugas yangt muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu.
Tugas-tugas perkembangan pada usia 0-6 tahun adalah sebagai berikut:
1.Belajar berlalan
2.Belajar memakan makanan padat
3.Belajar berbicara
4.Belajar buang air kecil dan buang air besar
5.Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin
6.Mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis
7.Membentuk konsep-konsep sederhana kenyataan sosial dan alam
8.Belajar mengadakan hubungan emosional
9.Belajar mengadakan hubungan baaik dan buruk
Menurut Elizabeth Hurlock (1999) tugas-tugas perkembangan
anak usia 4-5 tahun adalah sebagai berikut:
1.Mempelajari ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan yang umum
2.Membangun sikap yang sehat mengenal diri sendiri sebagai mahluk ynag sedang bertumbuh
3.Belajar menyesuaikan diri dengan teman seusianya
4.Mulai mengembangkan peran sosial pria atau wanita
5.Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dasar untuk membaca,menulis dan berhitung
6.Mengambangkan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari..
anak usia 4-5 tahun adalah sebagai berikut:
1.Mempelajari ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan yang umum
2.Membangun sikap yang sehat mengenal diri sendiri sebagai mahluk ynag sedang bertumbuh
3.Belajar menyesuaikan diri dengan teman seusianya
4.Mulai mengembangkan peran sosial pria atau wanita
5.Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dasar untuk membaca,menulis dan berhitung
6.Mengambangkan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari..
Bebarapa Aspek Vital Anak Mengalami Peningkatan-Peningkatan signifikan dari tahun ke tahun:
1. Aspek Motorik
2. aspek Bahasa
3. Aspek Sosial
4. Aspek Kognitif
1. Aspek Motorik
2. aspek Bahasa
3. Aspek Sosial
4. Aspek Kognitif
Jenis Keterampilan Anak Usia Pra Sekolah
1. Ketarampilan Motirik
2.Ketarampilan Kreativitas
3.Keterampilan Bahasa
4. Keterampilan Emosi
5. Keterampilan Sosial
6. Keterampilan Moral
7. Ketarampilan Jender
8. Keterampilan Bermain
1. Ketarampilan Motirik
2.Ketarampilan Kreativitas
3.Keterampilan Bahasa
4. Keterampilan Emosi
5. Keterampilan Sosial
6. Keterampilan Moral
7. Ketarampilan Jender
8. Keterampilan Bermain
Komentar
Posting Komentar