(SOSIOLOGI) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
 Mata Pelajaran : Sosiologi 
Kelas/Semester : X/1 
 Peminatan : Ilmu ilmu Sosial 
Materi Pokok : Fungsi Sosiologi Alokasi 
Waktu : 3 x 3 JP Kompetensi Inti 

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. 

 Kompetensi Dasar dan Indikator 
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain 
2.1 Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yan Maha Kuasa 
2.2 Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar 
3.1 Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat Menjelaskan pengertian Sosiologi MenjelaskanFungsi Sosiologi Menjelaskan Konsep dasar Sosiologi Mendeskripsikan gejala sosial Menjelaskan pengertian dan jenis-jenis gejala sosial 
 4.1 Melakukan kajian pustaka, diskusi dan menyimpulkan berbagai pendapat para ahli tentang peran, fungsi dan konsep-konsep dasar Sosiologi Menghubungkan berbagai teori Sosiologi Menyimpulkan peran sosiologi menurut berbagai ahli Menyimpulkan fungsi Sosiologi menurut berbagai ahli Menyimpulkan konsep dasar Sosiologi menurut berbagai ahli Menyimpulkan pengertian dan jenis realitas/fakta sosial Menyimpulkan gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dalam tinjauan Sosiologi Tujuan Pembelajaran Melalui proses mencari informasi, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan berdiskusi peserta didik dapat: Menjelaskan pengertian Sosiologi Menjelaskan fungsi Sosiologi Menjelaskankonsep dasar Sosiologi Menjelaskangejala Sosial Menjelaskan pengertian dan jenis-jenis gejala sosial Menghubungkan berbagai teori Sosiologi Menyimpulkan peran sosiologi menurut berbagai ahli Menyimpulkan fungsi Sosiologi menurut berbagai ahli Menyimpulkan konsep dasar Sosiologi menurut berbagai ahli Menyimpulkan pengertian dan jenis realitas/fakta sosial Menyimpulkan gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dalam tinjauan Sosiologi Materi Pembelajaran Pengertian Sosiologi Peran dan Fungsi Sosiologi Konsep dasar sosiologi Realitas Sosial Macam-macam Realitas/fakta Sosial Gejala/Fenomena Sosial Sosial Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendekatan : Saintifik Strategi : Pembelajaran Koperatif Metode Pembelajaran : Kajian Pustaka, Diskusi, Presentasi Media, Alat dan Sumber Pembelajaran Media : LCD, Hand Out Alat/bahan : Papan tulis, Spidol Sumber Pembelajaran : Buku Sosiologi kelas X dan referensi lain yang relevan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan pertama Rincian Kegiatan Waktu Pendahuluan Apersepsi (Guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar istilah “Sosiologi” ? Orientasi (Guru menampilkan gambar yang berhubungan dengan materi “Sosiologi”) Motivasi (Memberi contoh tentang manfaat mempelajari Sosiologi) Pemberian Acuan : (Garis besar materi tentang “Pengertian dan Fungsi Sosiologi”) Pembentukan Kelompok diskusi 20 menit Kegiatan Inti Mengamati Peserta didik menyimak pendapat para ahli tentang pengertian “Sosiologi” Peserta didik menyimak berbagai fungsi Sosiologi Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati Menanya Peserta didik mendikusikan dengan teman sebangku mengenai makna gambar dan pengertian “Sosiologi” Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai berbagai fungsi Sosiologi Guru bertanya tentang makna gambar yang ditampilkan Guru bertanya tentang pendapat para ahli tentang pengertian “Sosiologi” yang terdapat pada buku teks Guru bertanya tentang berbagai fungsi Sosiologi Mencoba Peserta didik membaca buku teks yang berkaitan dengan pengertian Sosiologi menurut berbagai ahli Sosiologi Peserta didik membaca buku teks tentang berbagai fungsi Sosiologi Mengasosiasi Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli mengenai pengertian Sosiologi Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial di masyarakat Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan peserta didik memahami pengertian dan fungsi Sosiologi peserta didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok Mengomunikasikan Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan 100 menit Penutup Bersama peserta didik menyimpulkan materi mengenai pengertian dan fungsi Sosiologi Memberikan tugas membuat resume hasil diskusi kelompok Memberi Pekerjaan Rumah Melaksanakan postes 15 menit Pertemuan Kedua Rincian Kegiatan Waktu Pendahuluan Merefleksi hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya Menagih dan mengingatkan pekerjaan rumah Menyampaikan tujuan pembelajaran Melaksanakan pretes tentang pengertian dan fungsi Sosiologi 20 menit Kegiatan Inti Mengamati dan Menanya Dua orang peserta didik dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil pengamatan terhadap gambar dan artikel mengenai realitas/fakta sosial yang terjadi di masyarakat Mencoba Kelompok diminta untuk mendiskusikan pengertian realitas/fakta sosial Kelompok mencoba memilah jenis-jenis realitas/fakta sosial menurut berbagai ahli Setiap kelompok mencoba menganalisis salah satu contoh realitas/fakta sosial yang terjadi di masyarakat Kelompok mendiskusikan realitas/fakta sosial tersebut dan menghubungkannya dengan pengertian Sosiologi Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah dan keterampilan mencoba instruksi kerja Mengasosiasi Kelompok mendiskusikan hubungan antara realitas/fakta sosial dengan pengertian dan fungsi Sosiologi Dengan fasilitasi guru, peserta didik diminta merumuskan kembali dengan kalimat sendiri mengenai pengertian realitas/fakta sosial dan jenis-jenisnya Guru menilai keterampilan mengolah dan menalar Mengomunikasikan Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi kelompoknya Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi 100 menit Penutup Bersama peserta didik menyimpulkan pengertian dan jenis-jenis realitas/fakta sosial Memberikan tugas membaca materi berikutnya Melaksanakan postes 15 menit Pertemuan Ketiga Rincian Kegiatan Waktu Pendahuluan Merefleksi hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya Menagih dan mengingatkan pekerjaan rumah Menyampaikan tujuan pembelajaran Melaksanakan pretes tentang gejala/fenomena sosial hubungannya dengan Sosiologi 20 menit Kegiatan Inti Mengamati Peserta didik menyimak gambar mengenai gejala/fenomena sosial Peserta didik menyimak pengertian gejala/fenomena sosial menurut ahli Sosiologi Peserta didik menyimak berbagai gejala/fenomena sosial Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati Menanya Peserta didik mendikusikan dengan teman sebangku mengenai pengertian gejala/fenomena sosial Guru bertanya tentang pengertian gejala/fenomena sosial seperti yang terdapat pada buku teks Guru bertanya tentang berbagai gejala/fenomena sosial Guru bertanya tentang penelitian mengenai gejala/femonena sosial Mencoba Peserta didik membaca buku teks yang berkaitan dengan pengertian gejala/fenomena sosial Peserta didik membaca buku teks tentang berbagai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat Mengasosiasi Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pengertian gejala/fenomena sosial Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai gejala/fenomena sosial di masyarakat Peserta didik diminta mendiskusikan kemungkinan pelaksanaan penelitian sosial mengenai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan peserta didikmemahami gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat peserta didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok Mengomunikasikan Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan 100 menit Penutup Bersama peserta didik menyimpulkan materi mengenai pengertian gejala/fenomena sosial Bersama peserta didik menyimpulkan berbagai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat Bersama peserta didik menyimpulkan kemungkinan penelitian sosial mengenai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat Memberikan tugas membuat resume hasil diskusi kelompok Memberi Pekerjaan Rumah Melaksanakan postes 15 menit Penilaian Mekanisme dan prosedur Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis. Aspek dan Instrumen penilaian Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama. Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan. Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda Contoh Instrumen (Terlampir) ....................,..... 2014 Mengetahui Guru Mata Pelajaran Sosiologi Kepala SMA .... .................................. .................................. NIP. NIP. Catatan Kepala Sekolah .......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... Lampiran Lembar Observasi dan kinerja presentasi LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI Mata Pelajaran : Sosiologi Kelas/Program : X/Ilmu-ilmu Sosial Kompetensi : KD 3.1 dan 4.1 No Nama Peserta didik Observasi Kinerja Presentasi Jml Skor NilaI Akt tgjwb Kerjsm Prnsrt Visual Isi (1) (2) (3) (4) (5) (6) A 4 4 3 4 3 3 21 B C D E F G H I J dst Keterangan pengisian skor 4. Sangat tinggi 3. Tinggi 2. Cukup tinggi 1. Kurang Pretes/postes Pretes/Postes Pertama Berilah tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah No Pernyataan Benar Salah Manusia selalu hidup dalam masyarakat dan berhubungan dengan manusia lain. Hubungan tersebut selalu terjadi secara individual. Hubungan manusia dengan lingkungannyamenghasilkan suatu sistem kehidupan bersama yang disebut dengan masyarakat. Selain membentuk masyarakat sebagai suatu sistem sosial, hubungan antara manusia dengan lingkungannyajuga menghasilkan berbagai produk yang disebut kebudayaan Sebagai suatu ilmu, sosiologi merupakan suatu kerangka pengetahuanyang disusun dan diuji hanya melalui keinginan pribadi. Jawablah petanyaan berikut ini Menurut Pitirim A Sorokin , Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial, diantaranya adalah gejala.... 1. 2. 3. Contoh Tes Tertulis Jelaskan pengertian dan fungsi Sosiologi menurut salah seorang ahli ! Apa yang dimaksud dengan realitas sosial dan sebutkan 7 bagian realitas sosial menurut Soerjono Soekanto ! Tugas Lengkapi tabel berikut dengan mengisi pengertian sosiologi menurut pendapat berbagai ahli Sosiologi No. Ahli Sosiologi Pengertian “Sosiologi” 1. Auguste Comte 2. Max Weber 3. Emile Durkheim 4. Joseph S. Roucek dan Roland R. Warren 5. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff 6. Alex Inkeles 7. Pitirim Sorokin 8. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi 9. Hasan Shadily Amati gambar tentang fenomena “kemiskinan” di bawah ini kemudian analisis berbagai alternatif yang dapat dikembangkan dengan pemahaman “Sosiologi” untuk mengatasi masalah tersebut. Buatlah grafik dengan m sebagai sumbu x dan L sebagai sumbu y Jawablah pertanyaan berikut ini .................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... FORMAT PENILAIAN LAPORAN PORTOFOLIO Mata Pelajaran : Sosiologi Kelas/Peminatan : X/Ilmu-ilmu Sosial Materi Pokok : Fungsi Sosiologi No Nama Peserta didik Aspek Penilaian Skor rata-rata Nilai Tampilan Kelengkapan Tata Bahas Jawaban Pertanyaan 1.              A 3 4 4 3 3,50 87,5 2.              dst.             3.                            4.                            5.                            6.                            7.                            8.                            9.                            10.                         Keterangan pengisian skor : 4. Sangat Baik ( 3. Baik 2. Cukup 1. Kurang RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Sosiologi Kelas/Semester : X/1 Peminatan : Ilmu ilmu Sosial Materi Pokok : Interaksi Sosial Alokasi Waktu : 3 JP Kompetensi Inti KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. Kompetensi Dasar Memperdalamnilaiagama yang dianutnya dan menghormati agama lain 2.1. Mensyukuri keberadaan diridan keberagaman sosialsebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa 2.2 Merespon secara positifberbagai gejala sosialdilingkungan sekitar 3.2 Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok 4.2 Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok IndikatorPencapaian Kompetensi Menjelaskan pengertian interaksi sosial Menjelaskan ciri-ciri interaksi sosial Menjelaskan syarat-syarat interaksi Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi interaks sosial Tujuan Pembelajaran Melalui proses mengamati, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan berdiskusi peserta didik dapat: Menjelaskan pengertian Sosiologi Menjelaskan pengertian interaksi sosial Menjelaskan ciri-ciri interaksi sosial Menjelaskan syarat-syarat interaksi Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi interaks sosial Materi Pembelajaran Pengertian interaksi sosial Ciri-ciri interaksi sosial Syarat-syarat interaksi sosial Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendekatan : Saintifik Strategi : Pembelajaran Koperatif Metode Pembelajaran : Diskusi, Presentasi Media, Alat dan Sumber Pembelajaran Media : LCD, Hand Out Alat/bahan : Papan tulis, Spidol Sumber Pembelajaran : Buku Sosiologi kelas X dan referensi lain yang relevan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Rincian Kegiatan Waktu Pendahuluan Apersepsi (Guru menyampaikan ceritas atau ilustrasi: Anak-anak, di suatu permukiman ada seorang anak yang sejak kecil kurang mendapat didikan dari orang tuanya sehingga dia kurang mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk atau mana yang pantas dan mana yang tidak pantas. Kalau ada anak seperti ini bagaimana mereka bergaul dengan teman-temannya? Motivasi (guru menyampaikan manfaat mempelajari interaksi sosial) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran (pembentukan kelompok, proses diskusi, dan presentasi) 20 menit Kegiatan Inti Mengamati Peserta didik mengamati tayangan video tentang interaksi sosial Menanya Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan makna dari tayangan video dalam konteks interaksi sosial. Mencoba/Mengumpulkan informasi/Mengeksplorasi Peserta didik membaca buku teks, buku referensi lain, akses internet untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pengertian interaksi sosial, ciri-ciri interaksi sosial, syarat-syarat interaksi sosial, dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial. Mengasosiasi Peserta didik berdiskusi secara kelompok dengan panduan lembar kerja yang telah diberikan guru kepada setiap kelompok, yaitu tentang pengertian interaksi sosial, ciri-ciri interaksi sosial, syarat-syarat interaksi sosial, dan faktor yang mempengaruhi interaksi sosial. Guru mengamati aktifitas peserta didik dalam kerja kelompok untuk melakukan penilaian sikap dan memfasilitasi kerja kelompok. Setiap kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. Mengomunikasikan Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi dan kelompok yang lain menanggapi. Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan Guru mengevaluasi hasil presentasi dan diskusi yang berkembang di peserta didik. 100 menit Penutup Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran Memberikan tugas dalam bentuk soal-soal untuk di kerjakan di rumah Melaksanakan penilaian kognitif 15 menit Penilaian Jenis/Teknik Penilaian Jenis Penilaian : Tes dan Non Tes Penilaian Tes dilakukan melalui tes tertulis Penilaian Non Tes dilakukan melalui : observasi kerja kelompok kinerja presentasi laporan tertulis Bentuk Instrumen dan instrumen Bentuk Instrumen penilaian Tes : Soal Instumen : Terlampir Bentuk Instrumen penilaian Non Tes : Rubrik Instrumen : Terlampir Pedoman penskoran : Terlampir .................... ,..... 2014 Mengetahui Guru Mata Pelajaran Sosiologi Kepala SMA .... .................................. .................................. NIP. NIP. Catatan Kepala Sekolah .......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... Lampiran Tes Tertulis Jelaskan pengertian interaksi sosial! Jelaskan ciri-ciri interaksi sosial! Jelaskan syarat-syarat interaksi sosial! Jelaskan 3 dari 6 faktor yang mempengaruhi interaksi sosial ! Lembar Observasi dan Kinerja Presentasi LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI Mata Pelajaran : Sosiologi Kelas/Program : X/Ilmu-ilmu Sosial Kompetensi : KD 3.2 dan 4.2 No Nama Peserta didik Observasi Kinerja Presentasi Jml Skor NilaI Akt tgjwb Kerjsm Prnsrt Visual Isi A 4 4 3 4 3 3 21 B C D E F G H I J dst Keterangan pengisian skor 4. Sangat tinggi 3. Tinggi 2. Cukup tinggi 1. Kurang Pedoman Penilaian : Setiap nomor diberi skor sebagai berikut : No Soal Skor Nilai 1 2 3 4 2 4 3 3 Jumlah 11 Nilai = Skor jawaban : 11 x 100 Contoh jika mendapatkan skor 9, maka nilainya adalah : 9 : 11 x 100 = 81,81 Kunci Jawaban Pengertian Interaksi Sosial Interaksi social adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok satu dengan kelompok yang lain. Ciri – Ciri Interaksi Sosial Jumlah pelakunya lebih dari satu terjadinya komunikasi diantara pelaku melalui kontak sosial mempunyai maksud atau tujuan yang jelas dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Syarat Interaksi social menurut Soerjono Soekanto sebagai berikut : Kontak Sosial : hubungan antara satu pihak dengan pihak lain, masing-masing pihak saling bereaksi antara satu dengan yang lain meski tidak harus bersentuhan secara fisik Komunikasi : proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberikan tanggapan atau respon tertentu. Faktor-Faktor yang memperngaruhi Interaksi Sosial Imitasi : proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru pihak lain melalui sikap, penampilan, gaya hidupnya bahkan apa saja yang dimiliki pihak lain. Sugesti : proses memberikan suatu pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu sehingga pandangan atau pengaruh itu diikuti tanpa berpikir secara rasional Motivasi : proses memberikan suatu pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu sehingga pandangan atau pengaruh itu diikuti secara kritis, rasional, dan penuh rasa tanggungjawab Identifikasi : upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama ( identik ) dengan pihak lain. Proses identifikasi lebih merupakan proses kejiwaan yang mendalam. Simpati : Suatu proses kejiwaan dimana seorang individu tertarik kepada individu lain karena sikap, penampilan, wibawam atau perbuatannya. Empati : sebenarnya mirip dengan perasaan simpati, tetapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja. Empati dibarengi dengan perasaan organisme tubuh yang sangat mendalam. Tugas (PR) Buatlah contoh dalam bentuk deskripsi yang merupakan perwujudan dari interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu dan individu dengan kelompok! Ada seorang anak yang sedang nonton tayangan sintron di televisi, apakah aktivitas anak tersebut dapat dikatakan interaksi sosial? Jelaskan pendapat Anda! Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial, tiga diantaranya adalah imitasi, sugesti, dan imitasi! Buatlah contohnya masing-masing 1 (satu) dalam bentuk ilustrasi ! FORMAT PENILAIAN LAPORAN PORTOFOLIO Mata Pelajaran : Sosiologi Kelas/Peminatan : X/Ilmu-ilmu Sosial Materi Pokok : Interaksi Sosial No Nama Peserta didik Aspek Penilaian Skor rata-rata Nilai Tampilan Kelengkapan Tata Bahas Jawaban Pertanyaan 1.              A 3 4 4 3 3,50 87,5 2.              dst.             3.                            4.                            5.                            6.                            7.                            8.                            9.                            10.                         Keterangan pengisian skor : 4. Sangat Baik 3. Baik 2. Cukup 1. Kurang

Komentar

Postingan Populer