(SOSIOLOGI) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X/1
Peminatan : Ilmu ilmu Sosial
Materi Pokok : Fungsi Sosiologi
Alokasi
Waktu : 3 x 3 JP
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1 Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yan Maha Kuasa
2.2 Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
3.1 Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
Menjelaskan pengertian Sosiologi
MenjelaskanFungsi Sosiologi
Menjelaskan Konsep dasar Sosiologi
Mendeskripsikan gejala sosial
Menjelaskan pengertian dan jenis-jenis gejala sosial
4.1 Melakukan kajian pustaka, diskusi dan menyimpulkan berbagai pendapat para
ahli tentang peran, fungsi dan konsep-konsep dasar Sosiologi
Menghubungkan berbagai teori Sosiologi
Menyimpulkan peran sosiologi menurut berbagai ahli
Menyimpulkan fungsi Sosiologi menurut berbagai ahli
Menyimpulkan konsep dasar Sosiologi menurut berbagai ahli
Menyimpulkan pengertian dan jenis realitas/fakta sosial
Menyimpulkan gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dalam tinjauan Sosiologi
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan berdiskusi peserta didik dapat:
Menjelaskan pengertian Sosiologi
Menjelaskan fungsi Sosiologi
Menjelaskankonsep dasar Sosiologi
Menjelaskangejala Sosial
Menjelaskan pengertian dan jenis-jenis gejala sosial
Menghubungkan berbagai teori Sosiologi
Menyimpulkan peran sosiologi menurut berbagai ahli
Menyimpulkan fungsi Sosiologi menurut berbagai ahli
Menyimpulkan konsep dasar Sosiologi menurut berbagai ahli
Menyimpulkan pengertian dan jenis realitas/fakta sosial
Menyimpulkan gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dalam tinjauan Sosiologi
Materi Pembelajaran
Pengertian Sosiologi
Peran dan Fungsi Sosiologi
Konsep dasar sosiologi
Realitas Sosial
Macam-macam Realitas/fakta Sosial
Gejala/Fenomena Sosial Sosial
Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Pembelajaran Koperatif
Metode Pembelajaran : Kajian Pustaka, Diskusi, Presentasi
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : LCD, Hand Out
Alat/bahan : Papan tulis, Spidol
Sumber Pembelajaran : Buku Sosiologi kelas X dan referensi lain yang
relevan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan Waktu
Pendahuluan
Apersepsi (Guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar istilah “Sosiologi” ?
Orientasi (Guru menampilkan gambar yang berhubungan dengan materi “Sosiologi”)
Motivasi (Memberi contoh tentang manfaat mempelajari Sosiologi)
Pemberian Acuan :
(Garis besar materi tentang “Pengertian dan Fungsi Sosiologi”)
Pembentukan Kelompok diskusi
20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik menyimak pendapat para ahli tentang pengertian “Sosiologi”
Peserta didik menyimak berbagai fungsi Sosiologi
Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
Peserta didik mendikusikan dengan teman sebangku mengenai makna gambar dan pengertian “Sosiologi”
Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai berbagai fungsi Sosiologi
Guru bertanya tentang makna gambar yang ditampilkan
Guru bertanya tentang pendapat para ahli tentang pengertian “Sosiologi” yang terdapat pada buku teks
Guru bertanya tentang berbagai fungsi Sosiologi
Mencoba
Peserta didik membaca buku teks yang berkaitan dengan pengertian Sosiologi menurut berbagai ahli Sosiologi
Peserta didik membaca buku teks tentang berbagai fungsi Sosiologi
Mengasosiasi
Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli mengenai pengertian Sosiologi
Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial di masyarakat
Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan peserta didik memahami pengertian dan fungsi Sosiologi
peserta didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok
Mengomunikasikan
Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi
Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan 100 menit
Penutup
Bersama peserta didik menyimpulkan materi mengenai pengertian dan fungsi Sosiologi
Memberikan tugas membuat resume hasil diskusi kelompok
Memberi Pekerjaan Rumah
Melaksanakan postes 15 menit
Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan Waktu
Pendahuluan
Merefleksi hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
Menagih dan mengingatkan pekerjaan rumah
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melaksanakan pretes tentang pengertian dan fungsi Sosiologi 20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
Dua orang peserta didik dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil pengamatan terhadap gambar dan artikel mengenai realitas/fakta sosial yang terjadi di masyarakat
Mencoba
Kelompok diminta untuk mendiskusikan pengertian realitas/fakta sosial
Kelompok mencoba memilah jenis-jenis realitas/fakta sosial menurut berbagai ahli
Setiap kelompok mencoba menganalisis salah satu contoh realitas/fakta sosial yang terjadi di masyarakat
Kelompok mendiskusikan realitas/fakta sosial tersebut dan menghubungkannya dengan pengertian Sosiologi
Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah dan keterampilan mencoba instruksi kerja
Mengasosiasi
Kelompok mendiskusikan hubungan antara realitas/fakta sosial dengan pengertian dan fungsi Sosiologi
Dengan fasilitasi guru, peserta didik diminta merumuskan kembali dengan kalimat sendiri mengenai pengertian realitas/fakta sosial dan jenis-jenisnya
Guru menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi kelompoknya
Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi 100 menit
Penutup
Bersama peserta didik menyimpulkan pengertian dan jenis-jenis realitas/fakta sosial
Memberikan tugas membaca materi berikutnya
Melaksanakan postes 15 menit
Pertemuan Ketiga
Rincian Kegiatan Waktu
Pendahuluan
Merefleksi hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
Menagih dan mengingatkan pekerjaan rumah
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melaksanakan pretes tentang gejala/fenomena sosial hubungannya dengan Sosiologi 20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik menyimak gambar mengenai gejala/fenomena sosial
Peserta didik menyimak pengertian gejala/fenomena sosial menurut ahli Sosiologi
Peserta didik menyimak berbagai gejala/fenomena sosial
Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
Peserta didik mendikusikan dengan teman sebangku mengenai pengertian gejala/fenomena sosial
Guru bertanya tentang pengertian gejala/fenomena sosial seperti yang terdapat pada buku teks
Guru bertanya tentang berbagai gejala/fenomena sosial
Guru bertanya tentang penelitian mengenai gejala/femonena sosial
Mencoba
Peserta didik membaca buku teks yang berkaitan dengan pengertian gejala/fenomena sosial
Peserta didik membaca buku teks tentang berbagai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
Mengasosiasi
Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pengertian gejala/fenomena sosial
Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai gejala/fenomena sosial di masyarakat
Peserta didik diminta mendiskusikan kemungkinan pelaksanaan penelitian sosial mengenai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan peserta didikmemahami gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
peserta didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok
Mengomunikasikan
Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi
Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan 100 menit
Penutup
Bersama peserta didik menyimpulkan materi mengenai pengertian
gejala/fenomena sosial
Bersama peserta didik menyimpulkan berbagai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
Bersama peserta didik menyimpulkan kemungkinan penelitian sosial mengenai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
Memberikan tugas membuat resume hasil diskusi kelompok
Memberi Pekerjaan Rumah
Melaksanakan postes 15 menit
Penilaian
Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
Contoh Instrumen (Terlampir)
....................,..... 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Sosiologi
Kepala SMA ....
.................................. ..................................
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
Lembar Observasi dan kinerja presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : X/Ilmu-ilmu Sosial
Kompetensi : KD 3.1 dan 4.1
No Nama Peserta didik Observasi Kinerja Presentasi Jml
Skor NilaI
Akt tgjwb Kerjsm Prnsrt Visual Isi
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
A 4 4 3 4 3 3 21
B
C
D
E
F
G
H
I
J
dst
Keterangan pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
Berilah tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
No Pernyataan Benar Salah
Manusia selalu hidup dalam masyarakat dan berhubungan dengan manusia lain.
Hubungan tersebut selalu terjadi secara individual.
Hubungan manusia dengan lingkungannyamenghasilkan suatu sistem kehidupan bersama yang disebut dengan masyarakat.
Selain membentuk masyarakat sebagai suatu sistem sosial, hubungan antara manusia dengan lingkungannyajuga menghasilkan berbagai produk yang disebut kebudayaan
Sebagai suatu ilmu, sosiologi merupakan suatu kerangka pengetahuanyang disusun dan diuji hanya melalui keinginan pribadi.
Jawablah petanyaan berikut ini
Menurut Pitirim A Sorokin , Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial, diantaranya adalah gejala....
1.
2.
3.
Contoh Tes Tertulis
Jelaskan pengertian dan fungsi Sosiologi menurut salah seorang ahli !
Apa yang dimaksud dengan realitas sosial dan sebutkan 7 bagian realitas sosial menurut Soerjono Soekanto !
Tugas
Lengkapi tabel berikut dengan mengisi pengertian sosiologi menurut pendapat berbagai ahli Sosiologi
No. Ahli Sosiologi Pengertian “Sosiologi”
1. Auguste Comte
2. Max Weber
3. Emile Durkheim
4. Joseph S. Roucek dan Roland R. Warren
5. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff
6. Alex Inkeles
7. Pitirim Sorokin
8. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
9. Hasan Shadily
Amati gambar tentang fenomena “kemiskinan” di bawah ini kemudian analisis berbagai alternatif yang dapat dikembangkan dengan pemahaman “Sosiologi” untuk mengatasi masalah tersebut.
Buatlah grafik dengan m sebagai sumbu x dan L sebagai sumbu y
Jawablah pertanyaan berikut ini
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
FORMAT PENILAIAN LAPORAN PORTOFOLIO
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Peminatan : X/Ilmu-ilmu Sosial
Materi Pokok : Fungsi Sosiologi
No Nama Peserta didik Aspek Penilaian Skor rata-rata
Nilai
Tampilan Kelengkapan Tata Bahas Jawaban Pertanyaan
1. A 3 4 4 3 3,50 87,5
2. dst.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Keterangan pengisian skor :
4. Sangat Baik (
3. Baik
2. Cukup
1. Kurang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X/1
Peminatan : Ilmu ilmu Sosial
Materi Pokok : Interaksi Sosial
Alokasi Waktu : 3 JP
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Memperdalamnilaiagama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1. Mensyukuri keberadaan diridan keberagaman sosialsebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.2 Merespon secara positifberbagai gejala sosialdilingkungan sekitar
3.2 Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok
4.2 Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok
IndikatorPencapaian Kompetensi
Menjelaskan pengertian interaksi sosial
Menjelaskan ciri-ciri interaksi sosial
Menjelaskan syarat-syarat interaksi
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi interaks sosial
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan berdiskusi peserta didik dapat:
Menjelaskan pengertian Sosiologi
Menjelaskan pengertian interaksi sosial
Menjelaskan ciri-ciri interaksi sosial
Menjelaskan syarat-syarat interaksi
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi interaks sosial
Materi Pembelajaran
Pengertian interaksi sosial
Ciri-ciri interaksi sosial
Syarat-syarat interaksi sosial
Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial
Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Pembelajaran Koperatif
Metode Pembelajaran : Diskusi, Presentasi
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : LCD, Hand Out
Alat/bahan : Papan tulis, Spidol
Sumber Pembelajaran : Buku Sosiologi kelas X dan referensi lain yang
relevan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Rincian Kegiatan Waktu
Pendahuluan
Apersepsi (Guru menyampaikan ceritas atau ilustrasi: Anak-anak, di suatu permukiman ada seorang anak yang sejak kecil kurang mendapat didikan dari orang tuanya sehingga dia kurang mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk atau mana yang pantas dan mana yang tidak pantas. Kalau ada anak seperti ini bagaimana mereka bergaul dengan teman-temannya?
Motivasi (guru menyampaikan manfaat mempelajari interaksi sosial)
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran (pembentukan kelompok, proses diskusi, dan presentasi)
20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik mengamati tayangan video tentang interaksi sosial
Menanya
Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan makna dari tayangan video dalam konteks interaksi sosial.
Mencoba/Mengumpulkan informasi/Mengeksplorasi
Peserta didik membaca buku teks, buku referensi lain, akses internet untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pengertian interaksi sosial, ciri-ciri interaksi sosial, syarat-syarat interaksi sosial, dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
Mengasosiasi
Peserta didik berdiskusi secara kelompok dengan panduan lembar kerja yang telah diberikan guru kepada setiap kelompok, yaitu tentang pengertian interaksi sosial, ciri-ciri interaksi sosial, syarat-syarat interaksi sosial, dan faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
Guru mengamati aktifitas peserta didik dalam kerja kelompok untuk melakukan penilaian sikap dan memfasilitasi kerja kelompok.
Setiap kelompok menyimpulkan hasil diskusinya.
Mengomunikasikan
Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi dan kelompok yang lain menanggapi.
Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
Guru mengevaluasi hasil presentasi dan diskusi yang berkembang di peserta didik. 100 menit
Penutup
Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran
Memberikan tugas dalam bentuk soal-soal untuk di kerjakan di rumah
Melaksanakan penilaian kognitif 15 menit
Penilaian
Jenis/Teknik Penilaian
Jenis Penilaian : Tes dan Non Tes
Penilaian Tes dilakukan melalui tes tertulis
Penilaian Non Tes dilakukan melalui :
observasi
kerja kelompok
kinerja
presentasi
laporan tertulis
Bentuk Instrumen dan instrumen
Bentuk Instrumen penilaian Tes : Soal
Instumen : Terlampir
Bentuk Instrumen penilaian Non Tes : Rubrik
Instrumen : Terlampir
Pedoman penskoran : Terlampir
.................... ,..... 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Sosiologi
Kepala SMA ....
.................................. ..................................
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
Tes Tertulis
Jelaskan pengertian interaksi sosial!
Jelaskan ciri-ciri interaksi sosial!
Jelaskan syarat-syarat interaksi sosial!
Jelaskan 3 dari 6 faktor yang mempengaruhi interaksi sosial !
Lembar Observasi dan Kinerja Presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : X/Ilmu-ilmu Sosial
Kompetensi : KD 3.2 dan 4.2
No Nama Peserta didik Observasi Kinerja Presentasi Jml
Skor NilaI
Akt tgjwb Kerjsm Prnsrt Visual Isi
A 4 4 3 4 3 3 21
B
C
D
E
F
G
H
I
J
dst
Keterangan pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
Pedoman Penilaian :
Setiap nomor diberi skor sebagai berikut :
No Soal Skor Nilai
1
2
3
4 2
4
3
3
Jumlah 11
Nilai = Skor jawaban : 11 x 100
Contoh jika mendapatkan skor 9, maka nilainya adalah :
9 : 11 x 100 = 81,81
Kunci Jawaban
Pengertian Interaksi Sosial
Interaksi social adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok satu dengan kelompok yang lain.
Ciri – Ciri Interaksi Sosial
Jumlah pelakunya lebih dari satu
terjadinya komunikasi diantara pelaku melalui kontak sosial
mempunyai maksud atau tujuan yang jelas
dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu
Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
Syarat Interaksi social menurut Soerjono Soekanto sebagai berikut :
Kontak Sosial : hubungan antara satu pihak dengan pihak lain, masing-masing pihak saling bereaksi antara satu dengan yang lain meski tidak harus bersentuhan secara fisik
Komunikasi : proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberikan tanggapan atau respon tertentu.
Faktor-Faktor yang memperngaruhi Interaksi Sosial
Imitasi : proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru pihak lain melalui sikap, penampilan, gaya hidupnya bahkan apa saja yang dimiliki pihak lain.
Sugesti : proses memberikan suatu pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu sehingga pandangan atau pengaruh itu diikuti tanpa berpikir secara rasional
Motivasi : proses memberikan suatu pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu sehingga pandangan atau pengaruh itu diikuti secara kritis, rasional, dan penuh rasa tanggungjawab
Identifikasi : upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama ( identik ) dengan pihak lain. Proses identifikasi lebih merupakan proses kejiwaan yang mendalam.
Simpati : Suatu proses kejiwaan dimana seorang individu tertarik kepada individu lain karena sikap, penampilan, wibawam atau perbuatannya.
Empati : sebenarnya mirip dengan perasaan simpati, tetapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja. Empati dibarengi dengan perasaan organisme tubuh yang sangat mendalam.
Tugas (PR)
Buatlah contoh dalam bentuk deskripsi yang merupakan perwujudan dari interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu dan individu dengan kelompok!
Ada seorang anak yang sedang nonton tayangan sintron di televisi, apakah aktivitas anak tersebut dapat dikatakan interaksi sosial? Jelaskan pendapat Anda!
Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial, tiga diantaranya adalah imitasi, sugesti, dan imitasi! Buatlah contohnya masing-masing 1 (satu) dalam bentuk ilustrasi !
FORMAT PENILAIAN LAPORAN PORTOFOLIO
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Peminatan : X/Ilmu-ilmu Sosial
Materi Pokok : Interaksi Sosial
No Nama Peserta didik Aspek Penilaian Skor rata-rata
Nilai
Tampilan Kelengkapan Tata Bahas Jawaban Pertanyaan
1. A 3 4 4 3 3,50 87,5
2. dst.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Keterangan pengisian skor :
4. Sangat Baik
3. Baik
2. Cukup
1. Kurang
Komentar
Posting Komentar